Pengamat ramal Anies Baswedan bakal menang telak jika dipasangkan tokoh perempuan ini

 


Sebuah Survei dari Center for Political Communication Studies (CPCS) membeberkan peluang kemenangan Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang.


Hasil survei menunjukkan pasangan Anies Baswedan-Puan Maharani memiliki daya ledak tinggi untuk mendulang suara pada Pilpres 2024.


Sebab Anies Baswedan bilamana dipasangkan dengan Puan Maharani memiliki elektabilitas teratas sebagai bakal pasangan calon presiden dalam simulasi pilpres 2024.


“Pasangan Prabowo-Puan dan Anies-Puan unggul dalam simulasi pilpres,” kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta SK, dikutip Hops.ID dari warta ekonomi, Selasa, 3 Mei 2022.


Selanjutnya, nama Andika Perkasa juga menempati daftar alternative pasangan pendamping Anies Baswedan.


Menurut Okta, hasil surveinya menunjukkan ada Anies Baswedan-Andika Perkasa juga berpeluang menang.


“Pasangan Anies-Andika bisa menjadi alternatif yang menarik untuk diusung oleh partai-partai politik,” kata Okta.


Adapun tokoh lain seperti Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono relatif kecil peluangnya dalam simulasi kemenangan pilpres 2024.


Termasuk dikatakan, peluang Anies-AHY dan Ganjar-AHY masuk kategori realtif rendah peluang menang, bahkan rendah elektabilitasnya.


Dalam hal ini, Okta hanya menitik beratkan pada Puan Maharani dan Andika Perkasa sebagai calon pasangan yang cocok dan berpeluang besar menang pada pilpres 2024.


“Dari sisi capres, Anies memiliki peluang kuat untuk memenangkan pilpres ketika berpasangan dengan Puan ataupun Andika,” tutur Okta.


Sedangkan penantang berat Anies Baswedan itu datang dari ketiga tokoh, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Airlangga Hartanto.


“Rivalnya adalah pasangan Prabowo-Puan dan Ganjar-Airlangga yang berpeluang menjadi penantang berat,” ujarnya.


Seperti diketahui, hasil survei CPCS ini dilakukan pada 11-20 April 2022, dengan melibatkan sebanyak 1.200 responden dan diambil dari 34 provinsi yang diwawancarai secara tatap muka.


Adapaun metode survei CPCS pada kali ini, menggunakan cara multistage random sampling, dengan margin of error plus minus 2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.***